Ganti cakram gede, boleh aja. Duit-duit sampeyan, kok. Semplakan juga milik situ. Ya, terserah ente. Tapi nyetel cakramnya ada aturannya lho. Agar fungsi cakram gede itu maksimal. Bunyinya selalu cieeettt. Nggak ciiiit lantas ngelindes tikus. Umpamanya membuang angin palsu cakram gede. Sebab terjadi perubahan posisi kaliper. Tabung silinder bawah ini memiliki adaptor (bracket) panjang. Bosnya juga ikut panjang. Menyetel atau membuang angin palsu pada minyak rem tak boleh sembarangan, kata Ardiiansyah, tukang setel RG-Sports pacuan Felix Judianto. Dengan cara itu, angin palsu terkandung pada minyak rem terbuang semua. Artinya, tidak terganggu bos atau adaptor yang panjang. Pokoknya angin keluar bersih. Siapkan kunci ring 14 dan 8. Ingat, kaliper mesti terlepas ! dari adaptor atau braket baru. Tapi kaliper menjepit cakram . Kocok hendel rem sampai kampas rem menjepit sejepit-jepitnya. Biasanya ditandai tuas rem berat jika ditekan. Lalu ikat tuas rem dengan tali atau kawat. Fungsikan kunci 8 membuka nipel pembuang angin. Lebih bagus, hubungkan dengan alat pembuangan angin palsu. Bahasa sononya brake bleeder. Jika nggak punya, gunakan slang bening. Putar ke kiri putaran dan cepat tutup kembali dengan memutar ke kanan. Ulangi sampai gelembung udara hilang, tambah Hendrik Sapulete, mekanik Shaker. Nah, sekarang tinggal pasang pada bracket baru. Biar mudah, gunakan kunci ring 14. Kalau ternyata bos terlalu pendek, ganjal dengan ring. Mudah, kan.
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.