berawal dari keinginan melepas knok sensor karena terjadi rembes oli, tapi posisi nya yang sempit mengharuskan melepas intake manipold ini dulu
sebelum dilepaskan disarankan melepas kutub aki negatif dulu, soalnya harus melepas sensor sensor,
sebelum intake dilepas mesti melepas fuel rail injector dulu cara melepas bisa lihat disini(buka&bersihkan injector), lakukan injector cleaning juga sebelum di pasang kembali
-kabel2 busi sebaiknya dilepas sampai camsensor, ect sensor juga dilepas supaya tidak mengganggu
-lepas kan juga kabel2 ground di belakang intake sebelah kiri dan kanan
-lepaskan kabel skep gas
-lepaskan katub otomatis beserta selang selang nya yg berada di bawah selang bensin masuk fuel rail
-lepaskan juga pcv valve
-lepaskan kabel map sensor, sensor idle up ac, TP sensor
-lepas selang vakum rem dari throotle body dan selang pcv valve
-
-lepaskan throotle body , lakukan permbersihkan sebelum pemasangan, jangan lupa menyiapkan packing nya yg baru bila kondisinya tidak layak dipakai lagi, bersihkan juga idle up ac
lepaskan 7baut ukuran 12 dan 3mur ukuran 12 intake, posisi nya agak sulit, gunakan kunci2 ukuran 12dari berbagai jenis, dari sok dan ring karena ada beberapa baut yg keras dan sulit di jangkau kunci
setelah itu terakhir melepas plat penyangga intake dan blok mesin dengan baut ukuran 14 2buah posisi nya di belakang intake , membukanya dari kolong bila perlu melepas as roda intermediate bila kunci nya tidak memadai utk memutar, karena baut ini sangat keras sekali ditambah posisi nya yang sempit(posisi baut di balik intake agak menghadap miring kebawah dan diatas bearing as intermediate)
l
lepas intake lalu bersihkan juga dari kerak karbon, ini plat penyangga blok mesin dan intake manipold terdapat dua buah baut 14 yg sangat sulit dibuka untuk pertama kalinya
lubang intake yg kotor bersihkan dengan foam cleaner,supaya performa mesin jadi bagus
ini lubang intake ke silinder.. dilakukan carbon clean menggunakan foam cleaner sampai bersih karena bagian ini sangatlah kotor akibat pemakaian lama,sedot kerak karbon dari lubang busi agar lebih memudahkan menghidupkan mesin
tujuan sebenarnya hanyanya knok sensor ini(senstor yg mendeteksi adanya knocking/ngelitik pada mesin)
karena sensornya cukup mahal, hanya di sealer ulang saja, karena sensornya masih dapat digunakan (blm check engine)
ini dia knok sensor
-cek kabel utama di bawah ini dari kerusakan sebelum dipasang kembali karena terdapat penyatuan kabel disini semua kabel2 sensor,koil,dll
setelah siap pasang kembali keposisi semula, lalu hidupkan mesin, jangan panik bila mesin susah hidup karena tadi kita melakukan carbon clean, starter panjang beberapa kali di bantu mainkan pedal gas sampai nyala lalu gas sampai RMP tinggi beberapa kali sampai asap putih di knalpot hilang
jangan panik juga bila mendapatkan error pada bacaan temperatur suhu(makanya disarankan melepas kutub aki negatif sebelum pengerjaan) di dashboard(khusus new model/facelift) cukup lakukan reset ECU / lakukan lepas kepala aki negatif beberapa menit sambil mengecek ulang kerjaan yg tadi.
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.