bila terdapat cairan di kolong mobil .. coba perhatikan cairan apa.. bisa jadi itu oli mesin, minyak rem,minyak power steering, oli transmisi, air ac, atau juga air radiator... semua bisa dibedakan satu sama lain
kali ini ditemukan cairan berupa oli mesin, stelah di cek dipstik oli ternyata oli berkurang.. lalu lalukan pengecekan bagian kolong kendaraan temukan sumber bocor oli.. bersihkan dulu dengan sabun lalu hidupkan mesin dan amati letak sumber bocor... pada beberapa kasus rembes tidak bisa kelihatan dalam waktu singkat tapi mungkin bisa setelah perjalanan cukup lama.
disini didapat filter oli basah.. dugaan sementara filter olinya.. tapi setelah di cek diatas filter oli juga basah sampai ke sambungan blok mesin.. lalu oli turun sampai oil pan / karter oli... setelah dibersihkan lalu di amati. oli keluar dari sambungan blok mesin dan filter oli.. disini ada semacam o-ring seal.. bisa diganti..bisa juga dengan di sealer ulang setelah dibersihkan
lepaskan filter oli.. lalu dilanjutkan dengan melepas 3 baut ukuran 12 di penghubung ke blok mesin
bersihkan juga bagian2 di sekitar blok mesin dari oli
laukan kembali pemasangan seal o-ring lalu di lanjut sealer secukupnya
pasang kembali sambungan nya ke blok mesin lalu pasang filter oli nya kembali.. sebaiknya filter oli diganti baru mengingat harga filter oli yg murah :) lalu perhatikan lagi kebocoran2 oli didaerah perbaikan tadi..
jangan gunakan kendaraan/hidupkan mesin selama beberapa jam hingga lem sealer benar2 menjadi karet
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.